RPP BAHASA INDONESIA
NURIZA
F1082151062
4B PPAPKPT
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pembelajaran : SD 02
Sekura
Kelas/Semester :
VI/1
MataPembelajaran : Bahasa indonesia
Jumlah
Pertemuan : 1 x
pertemuan ( 2 x 35 menit )
A. Standar Kompetensi
1.
Memahami teks dan Cerita anak yang
dibacakan
B. Kompetensi Dasar
1.2
Mengindentifikasikan tokoh, watak,
latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan
C. Indikator
1.2.1 Mendengarkan isi cerita anak
1.2.2 Menjawab pertanyaan berdasarkan teks cerita
1.2.3 Menentukan unsur intrinsik cerita
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat mendengarkan isi
cerita anak dengan bimbingan guru
2.
siswa dapat menjawab pertanyaan dengan
bimbingan guru
3.
siswa dapat menjelaskan tokoh
dalam cerita dan sifat-sifatnya dengan bimbingan guru
4.
siswa dapat menentukan isi latar
cerita dengan bimbingan guru
E. Alokasi Waktu
70
menit
F. Materi Ajar
1.
Mendengarkan
isi cerita
Menggoreng
Tanpa Minyak
Rina berlibur dirumah nenek di kaki gunung
lawu, cukup banyak pengalaman baru yang dialami Rina, misalnya baru sekarang
ini ia meliah pohon rambutan Tadunya, Rina mengira buah rambutan.
Bergelantungan serencengan di pohon seperti rencengan rambutan yang di jual
orang, kini, Rina mengerti buah rambutan bergantungan di ranting pohon. Para
penjual merencenganya agar mudah menjualnya. Rina menertawakan
Ketidaktahuaannya sendiri.
Di rumah Nenek, juga ada sapi berwarna hitam
dan gagah. Kata Nenek, sapi itu jenis brahma, berbeda dengan sapi biasa. Kalau
sapi itu di jual, harganya jauh lebih mahal, Rina baru tahu bahwa sapi harus di
beri minum. Jadi, bkan hanya di sediakan air seember. Akan tetapi air itu harus
di tuangkan kedalam mulut si sapi.
Pengalaman baru rinasepertinya tidak
habis-habisnya. Hari ini, Rina membantu Nenek membuat kacang goring.
Mula-Mula, Nenek mengambil dua takar kacang sering di karung.
Setelah itu, Nenek menyalakan kayu bakar di tungku. Nenek tidak mempunyai
kompor gas atau kompor minyak tanah. Kemudian , nenek mengisi periuk dengan
pasir. Cukup setengah periuk saja. Selanjutnya. Nenek meletakkan periuk berisi
pasir itu di atas tungku.
“Lo, Nenek, kok masak pasir? Hihihi….eperti
penyihir saja,” Komentar Rina. Dia teringat cerita penyihir yang memasak ramuan
di periuk.
“Ini untuk menggoreng kacang,”Jawab Nenek.
Beberapa saat kemudian, pasir itu menjadi
panas. Nenek memasukan kacang ke dalamnya. Lalu mengaduk-aduknya. Rina ingin
mencoba mengaduk juga. Nenek memberi sodet kayu kepada rina , dengan
bersemangat, rina mengaduk kacang di pasir itu. Beberapa saat kemudian, Nenek
mengambil sedikit kacang dari periuk.
“coba rasakan!”nenek menyodorkan beberapa butir
kacang di piring. Rina mengupas kacang yang masih hangat itu. “Hm, enak, Nek!”
Nenek mengangkat periuk dari tungku. itu ke
piring. Piring itu kemudian di goyang-goyangkan agar terpisah antara pasir dan
kacang. Kacang yang sudah bersih di letakkan dipiring yang lain.
“wah, Rina baru tahu kalau kacang bias dimasak
tanpa minyak. Apalagi yang bisa dimasak dengan pasir, Nek?”
“Kerupuk,” jawab Nenek sambil Menatap rina.
Nenek sangat senang melihat cucunya menikmati kacang.
2.
Menjelaskan
tokoh dalam cerita
Menjelaskan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita
“Menggoreng Tanpa Minyak”
3.
Menentukan
latar
Menentukan latar cerita yang
terdapat dalam isi cerita “ menggoreng tanpa minyak”
4.
Menentukan
tema
-
Apa tema
cerita “menggoreng tanpa minyak”?
G. Pendekatan dan metode
Ceramah
Penugasan
diskusi
H. Kegiatan Belajar Mengajar
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Kegiatan Awal
|
1. Siswa memberi salam dan memulai kegiatan dengan berdoa bersama
2. Guru mengabsen kehadiran siswa
3. Guru memberikan apersepsi terhadap siswa dengan memberikan
pertanyaan seperti :
a.
Anak-anak
siapa disini yang pernah mendengar cerita?
b.
Anak-anak
siapa di sini yang tau tokoh, watak,
latar dan tema
4. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari
|
|
Kegiatan Inti
|
1.
Mengidentifikasi
tokoh, watak, latar, dan tema dari cerita anak yang di bacakan
2.
Guru
bercerita tentang bacaan dalam buku
3.
Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok
4.
Guru
membagikan kertas kepada setiap
kelompok
5.
Guru
mengajak siswa untuk menyimak cerita yang dibacakan guru
6.
Guru Mengajak
siwa untuk berdiskusi
7.
Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa
8.
Setiap
kelompok diminta memahami isi cerita
9.
Guru
membagikan soal latihan
10.
Siwa
diminta mengerjakan soal dengan teman sebangkunya
11.
Siswa
diminta menulis jawaban di papan tulis untuk di bahas bersama-sama
|
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Guru
bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran
2.
Guru
memberikan pesan untuk belajar di rumah
3.
Guru
menutup pelajaran dengan memberikan salam dan berdoa
|
|
I.
Sumber dan Media Pembelajaran
A.
Sumber
Belajar
a)
Badan Standar Nasional Pendidikan 2006 Standar Isi untuk Satuan Pendidikan
Dasar dan Menengah: Standar Kompetensi dan Komputensi: Dasar
SD/MI. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan. Halaman 131
b)
Nurcholis, Hanif
dan Marfukhi. 2007. Buku
Saya Senang Berbahasa Indonesia
(Sasebi Untuk Sekolah Dasar Kelas VI Jakarta Erlangga. Halaman 34-36.
B.
Media Pembelajaran
Kertas Gambar cerita
J.
Evaluasi
A.
Tes
1.
Saat Rina
melihat pohon rambutan, hal baru apa yang di pelajarinya?
2.
Bagaimana
cara memberi minum, sapi peliharaan nenek?
3.
Bagaimana
rasa kacang goring nenek?
4.
Sebutkanlah
cara menggoreng kacang tanpa minyak?
5.
Makanan
jenis apa yang dapat digoreng dengan pasir?
B.
Kunci
jawaban dan Penilaian
1.
Buah rambutan yang bergantungan di ranting
pohon
2.
Di
tuangkan di dalam mulut sapi
3.
Enak
4.
Mula-mula,
nenek mengambil dua takar kacang kering di karung. Setelah itu, nenek
menyalakan kayu bakar di tungku,
kemudian nenek mengisi periuk dengan pasir, selanjutnya nenek meletakan
periuk berisi pasir itu di atas tungku. Beberapa saat kemudian pasir itu
menjadi panas nenek memasukan kacang kedalamnya lalu mengaduk-ngaduknya.
5.
Kerupuk
Merkur 15C Chrome Double Edge Safety Razor
BalasHapusMerkur 15C choegocasino Chrome 메리트카지노 Double Edge Safety Razor - 메리트 카지노 쿠폰 Excellent for beginners and experienced wet shavers. Merkur Super Platinum Razor with great grip and a beautiful chrome finish.
No deposit bonus casino bonus codes
BalasHapusIf you like to play casino games for real money, here are some casino bonus codes 프라그마틱 슬롯 that you should definitely look 복불복 룰렛 forward to. 벤 델핀 1. Spins 💳 Minimum pcie 슬롯 Deposit: $10📱 Mobile: Android,iPhone,iPad,Other Mobile Games: Videoslots, Casino Bonus & 윌리엄힐 Promotions